Inilah Jaksa Agung Baru Basrief Arief

Basrief Arief Jaksa Agung Baru


Berita terkini - Berita indonesia terbaru


Inilah Jaksa Agung Baru Basrief Arief
Basrif Arief akhirnya ditunjuk menjadi Jaksa Agung menggantikan Hendarman Supandji yang memasuki masa pensiun. Presiden Yudhoyono mengumumkan penunjukan Basrief di kantornya Kamis (25/11), didampingi Wakil Presiden Boediono serta Mensesneg Sudi silalahi, Menko polkam, dan Sekretaris Kabient Dipo Alam.

Menurut rencana, Presiden akan melantik Basrief Arief sebagai Jaksa Agung, Jumat besok ( 26/11) di Istana. Sebelumnya, Basrif Arief pernah menjabat sebagai wakil jaksa agung

Basrief Arief, Si Pemburu Koruptor

Sosok Basrief Arief tidak asing untuk Kejaksaan Agung. Sebelum pensiun, pria bernama lengkap Agung Basrief Arief itu sempat menjabat sebagai Wakil Jaksa Agung di era Abdul Rahman Saleh.

Sepak terjangnya dalam pemberantasan korupsi memang tidak perlu diragukan lagi. Pria kelahiran Tanjung Enim, 23 Januari 1947 itu pernah menjadi Ketua Tim Pemburu Korupsi yang dibentuk oleh Kementerian Politik Hukum dan Keamanan.

Di era kepemimpinan Basrief, Tim Pemburu Koruptor ini berhasil menangkap bekas Direktur Bank Sertivia David Nusa Wijaya yang merupakan terpidana kasus korupsi dana BLBI senilai Rp 1,3 triliun. Basrief digantikan oleh Arifin Mochtar pada 2007 karena telah memasuki masa pensiun.

Setelah masa pensiunnya, Basrief disebut-sebut pantas menjadi salah satu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Namun pada tahun 2007, Basrief mengaku tidak tertarik dengan jabatan itu.

"Mungkin ada yang lebih baik dari saya, lebih dfresh. Lagian saya kan sudah sepuh," kilah alumni Program Pasca Sarjana Universitas Padjajaran dan Fakultas Hukum Universitas Andalas itu saat berbincang dengan detikcom kala itu. Basrief hanya terkekeh saat membicarakan soal dukungan publik untuknya itu.

Lulusan Sekolah Hakim Dan Jaksa di Palembang tahun 1967 itu akhirnya bergabung dalam Panitia Seleksi Anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) pada 2010. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menunjuknya dengan Keppres No 6/2010 dalam panitia yang diketuai oleh Menkum HAM Patrialis Akbar.

Kabar SBY akan menunjuknya sebagai Jaksa Agung awal pekan ini. Saat dikontak detikcom pukul 18.00 WIB tadi, Basrief enggan berbicara mengenai kansnya sebagai kandidat Jaksa Agung. "Tunggulah, kan belum jelas," elaknya.

Tak lama kemudian Istana mengumumkan Basrief sebagai Jaksa Agung. Semoga di bawah Basrief, Korps Adhyaksa mampu menunjukkan taringnya yang selama ini dianggap tumpul.

Mungkin Ini Yang Anda Cari

loading...

Related Posts

Comments