Hasil GP Abu Dhabi 2010 SEBASTIAN VETTEL JUARA DUNIA F1 2010

Hasil GP Abu Dhabi 2010 SEBASTIAN VETTEL JUARA DUNIA F1 2010

Hasil GP Abu Dhabi 2010 SEBASTIAN VETTEL JUARA DUNIA F1 2010

Sebastian Vettel, Pembalap Red Bull asal Jerman, memastikan diri sebagai juara dunia ajang formula 1 setelah menjuarai lomba terakhir musim ini, di Abu Dhabi Grand Prix, Ahad (14/11).

Ia, yang berusia 23 tahun 135 hari, sekaligus mengukuhkan diri sebagai juara termuda sepanjang serajah F1. Vettel melampau rekor Lewis Hamilton (McLaren) yang menjuarai ajang 2008 dalam usia 23 dan 301 hari.

Vettel yang memulai lomba dari posisi pole terus memimpin sepanjang jalannya lomba. Dalam balapan yang diwarnai kecelakaan yang melibatkan Michael Schumacher (Mercedes) di lap pertama itu, ia finis dengan catatan waktu 1 jam, 39 menit, 36,8 detik. "Terima kasih anak-anak, ini luar biasa," kata Vettel lewat tim radio setelah ia memastikan diri finis terdepan. "Aku cinta kalian."

Vettel pun tampak menitikkan air mata usai lomba itu. Dan Ia kembali berkaca-kaca saat melakukan jumpa pers. "Bisa barada di daftar sama dengan (Ayrton) Senna, Michael (Schumacher), dengan dua orang itu... saya sungguh tak tahu," katanya dengan bibir bergetar dan lantas kehilangan kata-kata.
Dua pembalap McLaren, Hamilton dan Jenson Button, finis di urutan kedua dan ketiga. Sedangkan Nico Rosberg (Mercedes) di posisi keempat.

Fernando Alonso, jagon Ferrari yang sebelum lomba menguasai klasemen umum dan dianggap paling berpeluang jadi juara, harus membayar atas keputusannya untuk masuk pitstop lebih awal yang membuatnya sempat terlempar ke urutan ke-13. Pembalap asal Spanyol itu akhirnya hanya finis di urutan ketujuh, persis di depan Mark Webber, rekan setim Vetttel di Red Bull.

Vettel, yang musim ini jadi juara lima kali, memastikan jadi yang terbaik di musim ini dengan mengumpulkan nilai 256. Secara total ia hanya unggul empat angka dari Alonso. Webber berada di urutan ketiga dengan poin 242.
Juara bertahan, Jenson Button, menempati posisi kelima klasemen, di bawah rekan setimnya, Hamilton. Sedangkan pembalap Ferrari, Felipe Massa, berada di urutan keenam.

Sukses dua pembalap Red Bull mengusai posisi pertama dan ketiga musim ini melengkapi sukses tim itu yang sebelum lomba di Abu Dhabi sudah memastikan diri sebagai juara konstruktor.tempointeraktif

Selamat buat SEBASTIAN VETTEL JUARA DUNIA F1 2010 karena Sebastian Vettel Juara Dunia F1 Termuda

Mungkin Ini Yang Anda Cari

loading...

Related Posts

Comments